Tips Dalam Burning CD/DVD

images

 

Saat ini hampir setiap komputer baik desktop (PC) maupun laptop selalu menyertakan DVD Drive yang bisa digunakan untuk membakar (menyimpan data) ke CD maupun  DVD. Meskipun hal ini jarang dilakukan, tetapi proses Burning DVD  penting terutama untuk menyimpan data penting (backup), membuat VCD/Video DVD dan lainnya.

Meskipun proses burning DVD ini sangat mudah dengan bantuan berbagai software gratis yang bisa kita gunakan dan dapatkan dari internet, tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui dan dilakukan sebelum mem-burning DVD termasuk CD. berikut beberapa tips yang penting dan perlu di ketahui sebelum melakukan Burning CD/DVD
.

Pilih Media (keping CD/DVD) yang baik

index

.

Jika kita ingin menyimpan data sangat penting dan tidak memerlukan banyak DVD sebaiknya memilih keping DVD yang berkualitas , sebelumnya sudah penah di bahas di postingan sebelumnya, atau bisa juga lihat disini
.

Lakukan Pengecekan Permukaan Kepingan CD/DVD

Meskipun baru, kadang ada beberapa keping yang bermasalah. Untuk itulah sebelum burning cek permukaan DVD atau CD akan adanya kerusakan seperti goresan, retakan, titik-titik hitam atau kosong dan sebagainya yang masih terlihat. Jika terlihat hal-hal seperti itu, sebaiknya mengganti dengan keping CD/DVD yang lain.
.

Hindari Menyentuh Permukaan CD/DVD

Tangan kita terkadang kotor baik oleh debu, minyak dan lainnya yang bisa berpengaruh ke permukaan DVD. Untuk itu pastikan memegang bagian tepi dan melalui lubang DVD yang ada.
.
Hindari mengusap Permukaan DVD

Mengusap permukaan DVD terkadang bisa membuat goresan permukaan DVD. Tetapi jika memang diperlukan, usap dengan kain yang lembut dan jangan mengusap secara melingkar, tetapi tegak lurus keluar dari tengah dan hindari memegang permukaan dalam keping CD/DVD. Baca juga ulasan saya sebelumnya tentang Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores
Tutup aplikasi lain ketika burning

Meskipun saat ini CPU sudah mampu memproses banyak aplikasi/program sekaligus, tetapi tetap disarankan untuk menutup sementara aplikasi lain yang berjalan, terutama yang tidak penting dan bisa dilanjutkan setelah burning. Bahkan aplikasi semisal antivirus kalau memungkinkan di hentikan saja sementara, dan jika ingin melakukan scan, lakukan sebelum data di burning ke DVD.

.
lakukan Proses Burning Pada Kecepatan Rendah

images2

Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, apakah berpengaruh antara kecepatan tinggi dan rendah, tetapi tetap disarankan burning dengan kecepatan rendah. Tidak harus paling rendah, tetapi untuk amannya, usahakan dibawah maksimum kemampuan keping DVD. Terutama keping DVD dengan label kecepatan tinggi semisal 16x, 20x, 24x.

Dan perlu diperhatikan bahwa perkalian burning CD dan DVD mempunyai kecepatan yang berbeda. Untuk DVD 1x sama dengan sekitar 156 KB/s sedangkan untuk DVD 1x sama dengan sekitar 1.4 MB/s. Jadi perkalian kecepatan burning DVD sekitar 9,7 kali lebih cepat daripada CD. Misalnya burning DVD dengan kecepatan 2x, artinya kecepatan sekitar 2.8 MB/s (kalau 2x untuk CD hanya 302 KB/s) Oleh karena itu baik keping CD atau CD drive bisa mencapai 48x, 52x sedangkan DVD (baik keping atau DVD Drive) hanya 4x, 8x, 12x, 16x atau 24x.
.

Verify setelah selesai

Verify adalah melakukan pengecekan ulang setelah DVD selesai di burning. Biasanya opsi ini ada di beberapa software burning, meskipun waktu yang diperlukan akan bertambah lama, tetapi ini untuk memastikan bahwa data yang kita burning bisa terbaca semuanya apalagi jika hanya burning satu DVD saja.
.

Pastikan Free space hardisk cukup

Burning DVD terkadang memerlukan space hardisk yang cukup besar, apalagi ketika membuat Video DVD bisa lebih dari 10 GB ketika ingin burning satu DVD. Dan disarankan untuk melakukan defragment hardisk jika sudah lama tidak dilakukan, karena adanya fragmentasi hardisk akan memperlambat akses data, sehingga bisa berpengaruh ke proses burning CD/DVD.

Share this post



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *