Cara memperbaiki Keping CD/DVD dan Data Recovery

index

Seperti yang kita ketahui, bahwa CD/DVD dapat menjadi media penyimpanan data, namun tidak dapat di pungkiri bahwa media yang satu ini sangatlah rentan akan kerusakan, gampang tergores dan mudah pecah maupun retak. dan jika hal itu terjadi maka dapat membuat data-data yang ada dalam kepingan CD dan DVD tersebut sulit untuk di baca.
Namun dengan beberapa cara kita masih dapat mencoba  untuk menyelamatkan data-data yang ada di dalam kepingan tersebut, sehingga kita dapat memidahkan isi dari CD/DVD itu ke keping cd yang baru.

beberapa langkah yang kita bisa lakukan adalah dengan menggunakan cara seperti:

CARA MANUAL

Jika disk terdapat goresan yang dalam. Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya agar disk dapat dibaca lagi. Cara terbaik adalah pasta gigi whitening atau beberapa Polish (khususnya pembersih lensa optik), atau bisa juga Brasso (semir gosok untuk mengkilapkan logam).

cd_or_10

# langkah awal adalah membersihkan permukaan disk dengan kain yang lembut (bekas kaos dalam atau kain kacamata). Anda bisa menggunakan deterjen jika terdapat kotoran yang menempel pada disk. Pastikan tidak ada bekas jari atau partikel debu. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat menambah goresan.
# lalu oleskan pasta gigi atau polish pada permukaan yang lecet. Jangan terlalu banyak, mulailah dengan mengoleskannya sedikit saja. Jika terlalu banyak maka akan ada banyak sisa yang harus anda ratakan.
# gosok dan ratakan pasta gigi tersebut dengan hati-hati menggunakan kain lembut. Cara menggosoknya adalah dengan cara menggosok spiral dimulai dari tengah ke arah luar.Bila anda lakukan dengan benar, maka akan terlihat goresannya sudah berkurang. Dan bila anda lakukan dengan sempurna maka goresannya benar-benar hilang.

Tingkat keberhasilannya sangan bervariasi, bisa saja anda gagal. Kadang data bisa dibaca, kadang pula tidak. Saya memiliki tingkat keberhasilan dan kegagalan yang sama banyak.

BANTUAN SOFTWARE RECOVERY

Pertama kali yang harus anda coba adalah menggunakan beberapa software yang membuat hidup lebih mudah untuk menyelamatkan data dari disk. Anda bisa mencoba lebih dari satu aplikasi jika aplikasi yang pertama mengalami kegagalan. Beberapa aplikasi kadang berhasil sementara aplikasi yang lain gagal. Salah satu yang cukup bagus adalah:

– Recover My Files
CD Recovery Toolbox
– Roadkil’s Unstoppable Copier
– Get Data Back
– Power Data Recovery
– Quick Recovery

 

Untuk cara penggunaan dan mendapatkan software tesebut kalian bisa mencarinya di google, dan beberapa tips yang bisa kamu lakukan :
# coba lakukan pembacaan CD pada CD/DVD Writter, perangkat ini memiliki kemampuan baca yang lebih baik dibandingkan dengan CD ROM biasa.
# Bila CD yang anda coba perbaiki adalah hasil copyan, coba anda baca CD tersebut dari perangkat yang dipergunakan untuk membuat copy-nya.
# Bila cara-cara diatas (software/manual) berhasil, segeralah buat backup CD tersebut.
# Belilah CD/DVD Blank yang berkualitas
# Berhati-hatilah dengan penyimpanan keping CD anda

 

Semoga dengan langkah-langkah di atas, anda masih dapat mempergunakan kembali keping cd anda atau paling tidak masih dapat mengcopy isinya untuk dapat di pindahkan ke keping CD/DVD yang baru.

 

 

Share this post



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *