Istilah – Istilah Pada DVD Kosong dan CD Kosong

Teman – teman mungkin pernah menemui istilah seperti DVD-R , CD-RW, DVD-DL, Printable, maupun Extra Protection yang sering ditemui pada produk DVD kosong (DVD blank) maupun CD Kosong (CD blank). Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit arti dari istilah-istilah tersebut.

    • DVD-R = DVD Recordable Artinya dalah DVD Kosong biasa yang digunakan untuk membakar / memasukkan (istilah inggris : burning) data ke dalam sebuah optical DVD. setali 3 uang dengan CD-R yang artinya CD Recordable.
      contoh product : Maxell DVD-R
      maxel dvd blank

.

    • DVD-RW / CD-RW = DVD Rewritable / CD Rewritable Yang mana artinya DVD atau CD jenis ini memiliki kemampuan khusus dalam menyimpan data, yakni data dan dihapus dan cakram optik dapat diisi lagi dengan data yang baru.
      contoh product : GT Pro CD-RW
      GT-Pro CD-RW

.

    • DVD-DL = DVD Double Layer Adalah DVD yang dibuat dengan sistem 2 lapisan / dual layer sehingga dapat menyimpan data dua kali lebih banyak daripada DVD normal. Hal ini sering menjadi solusi bagi seseorang yang mau menyimpan data lebih banyak dengan cakram DVD namun tidak mau memisahkannya menjadi 2 DVD (misal : untuk file movie). Satu fakta yang menarik : kalo dulu teman-teman pernah membeli DVD movie dengan tulisan DVD 9 di sampulnya, yang biasanya harganya lebih mahal dari DVD movie biasa namun kualitasnya videonya lebih bagus, nah DVD 9 itu salah satu contoh aplikasi penggunaan DVD Double Layer.
      contoh product : Yoshimitsu DVD-R Double Layer
      yoshimitsu DVD double layer

.

    • CD-R Printable / DVD-R Printable Adalah CD / DVD yang pada bagian atas cakramnya diberi lapisan khusus sehingga dapat menyerap tinta dengan baik. CD / DVD tipe ini memberikan keleluasaan pada penggunanya untuk mencetak label CD langsung di bagian atas CD tersebut (attached within disc). Namun tenang saja buat teman-teman yang mau mencari alternatif mencetak label pada CD bisa menggunakan stiker label CD dari cdkosong.com
      contoh product : Ritek Excellent CD-R Printable
      CD Pritable RItek Excellent

Sekian dulu artikel kali ini. Stay tuned di Pusat Grosir CD Kosong dan DVD Kosong no.1 di Indonesia : CDKOSONG.com , nanti saya akan update lagi dengan informasi-informasi seputar CD blank, DVD blank, dan media penyimpanan optik lainnya seperti Bluray.
.
Keep in Touch
Cheers!

Share this post



One thought on “Istilah – Istilah Pada DVD Kosong dan CD Kosong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *