Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

This orange blossom honey cake recipe starts Rosh Hashanah on a sweet note - The Washington Post

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Mungkin banyak dari kalian yang masih binggung atau belum bisa membedakan antara baking soda dan baking powder. Dua bahan itu memang terlihat mirip, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda, lo.

Penggunaan bahan untuk membuat kue ini jika tidak digunakan dengan tepat akan memberikan pengaruh berbeda pada kue anda. Karena itu, berikut akan dijelaskan perbedaan kedua bahan ini, agar teman-teman tidak lagi salah menggunakannya.

Baking Soda

Baking soda atau soda kue biasanya banyak digunakan pada bahan makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Jadi, jika ingin membuat kue kering atau biskuit, sebaiknya menggunakan baking soda.

Baking soda ini dikenal sebagai natrium bikarbonat yang merupakan serbuk putih. Secara alami baking soda mempunyai sifat basa dan akan aktif ketika dicampur dengan bahan-bahan atau cairan asam.
Bila sudah menjadi aktif, bahan ini akan sendirinya memproduksi karbon dioksida, sehingga dapat membuat makanan yang dipanggang menjadi lebih ringan.

Jadi jika lebih memperhatikan resep yang mencantumkan baking soda di dalamnya, maka akan ada bahan lain yang memiliki kandungan asam. Bahan lain itu bisa berupa seperti buttermilk atau jus lemon.

Baking Powder

Walau memiliki bentuk yang bisa dibilang cukup mirip, baking powder ternyata lebih kompleks daripada baking soda. Pada baking powder ini memiliki kandungan basa berupa natrium bikarbonat dan juga asam.

Selain dua bahan itu, biasanya terdapat campuran tepung jagung di dalamnya. Tepung jagung inilah yang bermanfaat untuk mencegah asam dan basa aktif selama proses penyimpanan. Bubuk ini akan bekerja dengan sendirinya setelah dicampurkan dengan cairan.

Umumnya baking powder memiliki dua jenis, yaitu single acting dan double acting.

Single acting biasanya digunakan untuk makanan yang harus segera dikukus atau dipanggang, karena jenis baking powder ini akan aktif setelah dicampur dengan cairan.

Sedangkan yang double acting, memerlukan dua kali proses untuk aktif. Sehingga makanan yang menggunakan baking powder double acting ini bisa bertahan beberapa waktu sebelum mulai dipanggang.
Bahan ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk membuat kue dalam jumlah yang banyak.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Setelah memahami dua bahan ini,  pastinya kamu sudah bisa membedakan dua bahan ini.

Baking soda banyak digunakan untuk membuat beragam kue kering.
Sedangkan baking powder lebih banyak digunakan untuk membuat kue basah yang pastinya akan memberikan hasil lebih lembut dan halus.

Pada baking soda diperlukan bahan lain yang mengandung asam untuk dapat membuat pengembang aktif. Baking powder hanya perlu dicampurkan pada cairan yang ada pada bahan makanan.
Bahan baking powder ini tentunya lebih lengkap karena adanya kandungan asam di dalamnya.

Hal lain yang membedakan dua bahan ini adalah fungsi lainnya.

Jika baking powder hanya bisa digunakan untuk memasak, baking soda memiliki banyak manfaat lain yang perlu kamu ketahui. Karena kandungan basa yang ada di dalamnya, baking soda sudah banyak digunakan untuk kebersihan dan kesehatan lainnya, lo.

Fungsi Lain dari Baking Soda

1. Menjaga Kesehatan Mulut
2. Meredakan Asam Lambung
3. Bahan Pembersih Pestisida
4. Menghilangkan Bau Sepatu

Nah, itu tadi perbedaan dan manfaat dari baking soda dan soda kue.
Jadi, mulai dari saat ini jangan salah lagi membedakan fungsi dua bahan ini ya.